PENTINGNYA MENSYUKURI NIKMAT DARI ALLAH

PENTINGNYA MENSYUKURI NIKMAT DARI ALLAH

Arti bersyukur ialah berterima kasih kepada allah atas semua anugera yang telah ia berikan kepada kita.
Kita sebagai makhluk ciptaan-nya di wajibkan untuk bersyukur dan patuh kepada-nya, yang sebagaiman telah tercantumkan di dalam Al-Qur;an yaitu :

Surat Al-Baqarah [2]: 152

“Maka ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat pula kepadamu,dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku”.

Surat lbrahim [14]: 7

“Jika kamu bersyukur pasti akan Kutambah (nikmat-Ku) untukmu, dan bila kamu kufur, maka sesungguhnya siksa-Ku amat pedih.”

Barsyukur harus ditujukan kepada Allah, dan kalimat syukur yang diucapkan adalah “alhamdulillah” Yang artinya “segala puji (hanya) tertuju kepada Allah”. selain kepada allah kita juga diwajibkan untuk bersyukur kepada mereka yang menjadi perantara kehadiran nikmat Allah. Al-Quran secara tegas memerintahkan agar kita mensyukuri Allah dan mensyukuri kedua orang tua (yang menjadi perantara kehadiran kita di dunia ini).
Hal ini dijelaskan dalam surat Luqman [31]: 14

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu- bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam Keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. bersyukurlah kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.”

Walaupun Al-Quran hanya menyebut kedua orang tua (selain Allah) yang harus disyukuri, namun ini bukan berarti bahwa orang lain selain mereka tidak boleh disyukuri.

“Siapa yang tidak mensyukuri manusia, maka dia tidak mensyukuri Allah (Begitu bunyi suatu rtwayat yang disandarkan kepada Rasul Saw).

#. Manfaat Bersyukur Kepada Allah

Al-Quran secara tegas menyatakan bahwa manfaat syukur kembali kepada orang yang bersyukur, sedang Allah Swt. sama sekali tidak memperoleh bahkan tidak membutuhkan sedikit pun dari syukur makhluk-Nya.

Surat An-Naml [27]: 40

“Dan barangsiapa yang bersyukur, maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri, dan barangsiapa yang kufur (tidak bersyukur),maka sesungguhnya Tuhanku Mahakaya (tidak membutuhkan sesuatu) lagi Mahamulia”.

#. Contoh-contoh Perilaku Bersyukur Kepada Allah

• Melaksanakan semua perintah allah dan menjauhi semua larangannya
• Menjaga hati dari perasaan iri, dengki, dendam, munafik dan sebagainya
• Menyebarkan dan mengajarkan ilmu yang dimiliki
• Bersodakoh, membayar infak dan zakat
• Memberi makan anak yatim, janda-janda tua dan fakir miskin
• Membantu pembangunan infrastruktur masyarakat, seperti pembangunan mesjid, sekolah,rumah sakit, jalanan, jembatan dan sebagainya
• Saling menyayangi dan mengasihi antar sesama makhluk; manusia, hewan, dan tumbuhan

sumber :

http://organisasi.org/syukur_nikmat_mensyukuri_bersyukur_atas_berbagai_nikmat_yang_telah_diberikan_oleh_allah_swt_pelajaran_agama_islam

http://media.isnet.org/islam/Quraish/Wawasan/Syukur1.html

6 thoughts on “PENTINGNYA MENSYUKURI NIKMAT DARI ALLAH

  1. devi.. salah satu contoh kalau kita bersyukur itukan mau menyebarkan atau mengajarkan ilmu yang dimiliki, tapi kenapa yaa ada bebeorang yang susah sekali untuk berbagi ilmunya pada kita ?? pernah suatu kali saya tidak paham materi yang diajarkan oleh salah satu dosen pengganti dikelas (karena saat itu saya terlambat), ketika saya bertanya dan minta penjelasan pada teman (kebetulan dia termasuk mahasiswa yang cukup berprestasi dikelas )saya ia malah bersikap cuek, dia bilang ” gw nggak tau yas” padahal jelas-jelas saya lihat dia menjawab soal-soal dari dosen pengganti itu dengan lihai.
    Lalu apakah hal seperti ini bisa dikatakan tidak mensyukuri nikmat yang diberikan Allah ??
    Apakah boleh kita menegurnya dan mengatakan bahwa ia tidak seharusnya bersikap seperti itu ??

  2. devi.. salah satu contoh kalau kita bersyukur itukan mau menyebarkan atau mengajarkan ilmu yang dimiliki, tapi kenapa yaa ada bebeorang yang susah sekali untuk berbagi ilmunya pada kita ?? pernah suatu kali saya tidak paham materi yang diajarkan oleh salah satu dosen pengganti dikelas (karena saat itu saya terlambat), ketika saya bertanya dan minta penjelasan pada teman (kebetulan dia termasuk mahasiswa yang cukup berprestasi dikelas )saya ia malah bersikap cuek, dia bilang ” gw nggak tau yas” padahal jelas-jelas saya lihat dia menjawab soal-soal dari dosen pengganti itu dengan lihai.
    Lalu apakah hal seperti ini bisa dikatakan tidak mensyukuri nikmat yang diberikan Allah ??
    Apakah boleh kita menegurnya dan mengatakan bahwa ia tidak seharusnya bersikap seperti itu ??

    • ratih : bisa saja di sebut seperti itu coz sngat di sayangkan yah bila seseorang yang mempunyai suatu kemampuan (ilmu) tetapi ilmu tersebut tidak di manfaatkan ataupun dibagi kepada orang lain.. tetapi mungkin saja orang itu mempunyai pikiran bahwa ia mendapatkan ilmu tersbt dengan susah payah sehingga orang lain harus merasakan hal yang sama dengan apa yang ia rasakan (susah payah) untuk mendapatkan ilmu tersebt.

      kalau kita sudah mengetahui dia adalah seseorang yang mempunyai sifat seperti itu maka yah sudahlah kita jangan menayakan sesuatu yang kita kurang mengerti kepadanya. cobalah kita menanyakan hal yang sama kepada orang lain, siapa tahu orang lain bisa membantu masalah kita..

    • dedy : cara menaruh efek salju yaitu : anda pilih icon tampilan > ekstra > ceklis perintah tampilkan hujan salju di blog saya > perbaruhi ekstra.

      selamat mencoba : )

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s