MAKANAN PANTANGAN ANAK AUTIS

MAKANAN PANTANGAN ANAK AUTIS

Penyandang autisme haruslah diet CFGF (casein free gluten free). Artinya, menghindari sumber makanan yang mengandung kasein dan gluten. Kasein banyak terkandung pada susu, sementara gluten pada tepung terigu.

Anak dengan gangguan autis sering mengalami gangguan mencerna gluten dan kasein. Dalam keadaan normal, sebagian besar protein (gluten dan kasein) dicerna menjadi asam amino, sisanya menjadi peptida. Protein gluten dan kasein mempunyai kombinasi asam amino tertentu yang oleh sistem pencernaan anak autis sukar dipecah secara sempurna menjadi asam amino tunggal, tetapi masih dalam bentuk peptida yang secara biologis masih aktif. Peptida yang tidak tercerna tersebut keluar dari usus halus dan masuk dalam peredaran darah, yang seharusnya tidak demikian. Kondisi seperti ini disebut leaky gut (peningkatan permeabilitas usus).

Peptida berasal dari gluten (gluteomorphin) dan peptida kasein (caseomorphin) yang tidak tercerna sempurna, bersama aliran darah masuk otak ke reseptor “opioid”. Peningkatan aktivitas opioid akan menyebabkan gangguan susunan saraf pusat dan dapat berpengaruh terhadap persepsi, emosi, perilaku dan sensitivitas. Untuk itu, bagi peyandang autis, zat gizi tadi harus diganti dengan protein jenis lain, seperti ikan, ayam, sapi, dan protein nabati. Susu sapi dapat diganti dengan susu kacang kedelai atau kacang hijau atau kacang tanah. Anak autis juga tidak boleh mengonsumsi gula demi menekan “racun” yang ada di dalam usus penderita autis.

Pemberian buah-buahan untuk anak autis juga harus dibatasi. Buah-buahan seperti apel, jeruk, melon, strawberi, anggur, sebaiknya tidak diberikan karena mengandung kadar gula tinggi. Kadar gula yang tinggi dapat membuat penyandang autis menjadi bertambah aktif. Sebagai penggantinya dapat diberikan pepaya dan pisang.

Makanan untuk anak autis juga tidak boleh mengandung bumbu penyedap dan bahan pengawet.

Sumber : Tabloid-Nakita

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s