MEDIA PEMBIBITAN NON TANAH

MEDIA PEMBIBITAN NON TANAH


Kini tersedia berbagai pilihan media tanam bibit. Pembibit maupun hobiis yang gemar memperbanyak tanaman sendiri, bebas memilih yang paling cocok.

Media tanam bibit yang baik harus bersifat porus. Artinya, mempunyai banyak rongga yang mudah diisi oleh air dan udara secara bergantian. Ia juga harus cukup kuat ’memegang’ tanaman dan tak kalah penting, media harus bebas dari hama dan penyakit. Tuntutan terakhir inilah yang tidak dapat dipenuhi oleh media tanah.

Rockwool

Rockwool atau serat batu adalah media tanam bibit buatan negeri Belanda. Menurut ing. Ronald JPJ Serhalawan dari PT Joro, distributornya di Bogor, media yang masuk ke Indonesia 3-4 tahun lalu ini terbuat dari batuan gunung berapi. Melalui proses pemanasan pada suhu 1.500-1.600 derajat celcius, batu tersebut diubah menjadi serat.

Serat batu sama sekali tidak mengandung nutrient atau unsur hara, sehingga pemakaiannya mutlak memerlukan pupuk. Di Indonesia media tanam ini banyak dipakai dalam penyemaian dan penanaman stoberi, melon, serta tomat. Bentuknya beragam, Growing plugs yang berupa silinder kecil berdiameter 5 cm tepat dipakai dalam penyemaian benih. Growing blocks berbentuk kubus dengan lubang dangkal di bagian tengah, ditujukan untuk pembesaran tanaman. Sedangkan Growing slabs khusus untuk tanaman dewasa. Tanaman yang hendak dipindahkan ke wadah/pot yang lebih besar tidak perlu dicabut akarnya, melainkan cukup dibenamkan ke dalam media baru.

Microspons ceramic

Microspons ceramic adalah media tanam yang diimpor dari Jepang. Di Indonesia ia dipasarkan dengan nama Isolite CG. Media ini dibuat dari bahan dasar tanah diatomik melalui proses pemanasan 1.000 derajat celcius. Bentuknya berupa butiran kecil berwarna kecoklatan. Di pasaran tersedia Isolite CG berdiameter 1 mm, 2 mm, 4 mm, 6 mm dan 10 mm.

Butiran Isolite CG mengandung pori-pori mikro hingga 70%, yang akan segera terisi air atau larutan hara jika dibasahi. Meskipun demikian ia tidak mengembang atau pecah setelah menyerap air. Oleh karena itu media ini bisa digunakan lagi setelah bibit dipindahkan.

Isolite CG hanya berfungsi sebagai pencampur media tanam. Kalau akan dipakai, ia harus dicampur dengan pasir atau tanah. Perbandingan Isolite CG dengan pasir atau tanah yang dianjurkan adalah 10-20 : 80-90 %. Selain popular untuk pembibitan tanaman, media ini banyak dipakai di lapangan golf.

Co-Co-Pot

Media tanam bibit buatan Denmark ini terbuat dari gambut sphagnum bercampur vermikulit. Bentuk co-co-pot keping bulat berwarna coklat. Diameternya 42 mm dan tebal 8 mm. di bagian tengah terdapat lubang dangkal sebagai tempat meletakkan benih. Media tanam bibit ini telah diarahkan untuk pembibitan missal dengan system mekanisasi.

Pemakaian co-co-pot sangat mudah. Keping media cukup dibasahi dengan air sehingga mengembang. Selanjutnya benih dimasukkan ke lubang yang tersedia. Media tanam ini sudah mengandung pupuk dan pestisida, sehingga perlakuan yang diperlukan hanyalah menjaga kelembapannya. Setelah cukup umur, bibit tanaman dipindahkan ke kebun beserta mediannya.

Zeolit

Zeolit yang ditawarkan sebagai media tanam bibit sangat beragam. Semuanya merupakan produksi dalam negeri. Sebagian diantaranya telah mengalami proses pemanasan, namun ada juga yang tidak. Media ini tidak mengandung unsur hara, sehingga saat dipakai harus ditambahkan pupuk.

Di pasaran dapat dijumpai zeolit dengan berbagai ukuran. Ukuran paling kecil tampak seperti butiran pasir. Ukuran inilah yang dianjurkan dipakai untuk membibitkan tanaman. Butiran lebih besar yang menyerupai kerikil lebih dianjurkan untuk tanaman dewasa.

Sumber :

Majalah Trubus 289 – TH. XXIV- DESEMBER 1993
About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s