PENYAKIT IKAN DI AKUARIUM DAPAT DIOBATI

PENYAKIT IKAN DI AKUARIUM DAPAT DIOBATI


Penyakit pada ikan akan timbul kalau lingkungannya tidak memenuhi syarat kesehatan. Hal ini dapat terjadi kalau pemilik lalai atau kurang memperhatikan perawatan ikan hias dalam akuariumnya.

Penyebabnya

Penyakit ikan hias akuarium umumnya disebabkan oleh parasit, misalnya kutu, bakteri, atau jamur.

“ Yang sering menjadi masalah bagi para pemula adalah jamur dan kutu.” Kata Yahya, karyawan Dinas Perikanan DKI di Jalan Sumenep, Menteng, Jakarta Pusat. Jenis kutu ikan itu umumnya udang renik Argulus indicus dan Lernea cyprinacea famili Crustacea (udang-udangan). Sebagai parasit kutu itu dengan moncongnya akan menusuk bagian luar tubuh ikan seperti kulit, sirip dan insang.

Parasit luar itu mungkin juga trematoda, sebangsa cacing renik. Cacing renik Dactylogyrus sp. hidup menempel pada organ ikan seperti insang, tubuh dan sirip. Sedangkan cacing renik Gyrodactylus sp. terdapat pada bagian kulit atau mata. Serangan pada bagian mata dapat membutakan ikan.

Jamur sering menyerang ikan yang terluka akibat salah penanganan atau karena gigitan kutu maupun hewan parasit lain. Serangan jamur Saproleginia sp. atau Achlya sp. bisa membuat ikan sakit seperti terselimuti ‘ kapas’ putih.

Serangan protozoa Ichthyophthirius multifiliis misalnya, akan membuat sirip dan tubuh luar ikan tampak berbintik-bintik putih, sehingga penyakit ini disebut white spot. Ikan penderita akan menggosok-gosokkan badan di dinding akuarium karena gatal.

Serangan bakteri Aeromonas sp atau Pseudomonas sp membuat tubuh ikan borokan, sisik terkelupas, sirip rusak, perut menggembung, mata rusak dan benjol, dan insang rusak dengan warna putih kebiruan.

Obat yang tepat

Jika sudah parah, ikan yang terserang penyakit sukar disembuhkan. Kalau masih ringan, ikan mungkin ,masih bisa disembuhkan dengan perawatan intensif dan pengobatan yang tepat.

Berikut ini obat-obatan untuk ikan hias akuarium yang banyak digunakan oleh penggemar ikan hias.

  1. Abate, obat berupa serbuk. Dipakai untuk mengobati dan mencegah kutu atau bakteri pada ikan hias.
  2. Rid-All, obat berupa cairan. Dipakai untuk mengobati dan mencegah penyakit bintik putih karena parasit ichthyiophthirius atau ich, kutu pada ikan, dan menjernikan air akuarium.
  3. Cold-100, obat berupa serbuk. Dipakai untuk mengobati dan mencegah penyakit pada ikan karena kutu, bakteri, dan ich.
  4. Tetra Medica Marine Oomed, obat berbentuk cairan yang sangat efektif memerangi organisme penyebab penyakit parasit dan penyakit yang disebabkan oleh bakteri dalam air laut.
  5. Tetra General Tonic, obat berbentuk cairan yang digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri, menyembuhkan sirip yang rusak, dan menjernikan air keruh. Dapat digunakan untuk air tawar dan laut.
  6. Tetra Fungi Stop, obat berbentuk cairan untuk memerangi organisme lumut penyebab penyakit luar.

Sumber :

Majalah Trubus 289 – TH. XXIV- DESEMBER 1993
About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s