Tugas Analisa Sistem Pakar.

Sistem Pakar Untuk Diagnosa Penyakit Mata Pada Manusia

Mata merupakan suatu panca indra yang sangat penting dalam kehidupan manusia untuk melihat. Jika mata mengalami gangguan atau penyakit mata, maka akan berakibat sangat fatal bagi kehidupan manusia. Jadi sudah mestinya mata merupakan anggota tubuh yang perlu dijaga dalam kesehatan sehari-hari.

Seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat, pada bidang kedokteran saat ini juga telah menfaatkan teknologi untuk membantu peningkatan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat luas. Pekerjaan yang sangat sibuk dari seorang dokter mengakibatkan bidang sistem pakar mulai dimanfaatkan untuk membantu seorang pakar atau ahli dalam mendiagnosa berbagai macam penyakit, seperti jantung, ginjal, stroke, kanker, gigi, kulit hingga ke mata.

Sistem pakar merupakan suatu program aplikasi komputerisasi yang berusaha menirukan proses penalaran dari seorang ahlinya dalam memecahkan masalah spesifikasi atau bisa dikatakan merupakan duplikat dari seorang pakar karena pengetahuannya disimpan di dalam basis pengetahuan untuk diproses pemecahan masalah. Data yang tersimpan dalam database akan menginformasikan suatu keluhan pasien dengan akurat dan dapat menyimpulkan jenis penyakit mata yang diderita oleh pasien.

Sistem Pakar Untuk Diagnosa Penyakit Mata Pada Manusia menggunakan metode forward chaining yang bertujuan untuk menelusuri gejala yang ditampilkan dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan agar dapat mendiagnosa jenis penyakit dengan perangkat lunak berbasis dekstop management system. Perangkat lunak sistem pakar dapat mengenali jenis penyakit mata setelah melakukan konsultasi dengan menjawab beberapa pertanyaan-pertanyaan yang ditampilkan oleh aplikasi sistem pakar serta dapat menyimpulkan beberapa jenis penyakit mata yang diderita oleh pasien. Data penyakit yang dikenali menyesuaikan rules (aturan) yang dibuat untuk dapat mencocokkan gejala-gejala penyakit mata dan memberi nilai persentase agar mengetahui nilai pendekatan jenis penyakit pasien.

Kelebihan sistem pakar ini :

  • Sistem pakar ini menggunakan medote fordward chaining yang bertujuan untuk mengenali jenis penyakit mata pada manusia.

  • Dalam sistem pakar ini, urutan data pengelompokkan jenis penyakit sesuai dengan hasil quisioner dengan beberapa dokter mata.

  • Sistem pakar ini dapat menyimpulkan jenis penyakit mata sesuai persentase tertinggi gejala penyakit mata, semakin tinggi nilai persentase dari hasil penelusuran, maka menunjukkan jenis penyakit mata yang diderita oleh pasien.

  • Sistem pakar ini dapat mempermudah seseorang untuk berkonsultasi tanpa harus berkonsultasi langsung dengan dokter mata, tetapi dengan syarat orang tersebut harus mendaftarakan diri sebagai pasien dan mendapatkan account login.

  • Hasil diagnosa dari sistem pakar ini dapat menampilkan beberapa kemungkinan jenis penyakit mata pada manusia.

Kelemahan sistem pakar ini :

  • Sistem pakar ini hanya dapat mengenali dan mendiagnosa jenis penyakit mata yang ada dalam tabel kebenaran penyakit.

  • Sistem hanya dapat mendiagnosa satu pasien dalam melakukan konsultasi, dan dapat mengulangi kembali konsultasi dengan login nemu sistem.

Sumber :

http://www.downloadpdf.co.uk/jurnal-informatika-mulawarman-vol-5-no–2-juli-2010


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s