GAYA BELAJAR EFEKTIF

GAYA BELAJAR EFEKTIF

Belajar merupakan suatu keharusan, yang harus dilakukan seumur hidup. Tapi bagaiman jika belajar itu sendiri merupakan sesuatu yang dapat membuat orang stress terlebih ketika sedang menghadapi ujian paski kita dituntut untuk belajar lebih extra. Hal inilah yang terkadang membuat orang merasa tertekan karena harus terus belajar dan belajar.

Dengan mengetahui gaya belajar yang tepat untuk kita adalah kunci keberhasilannya. Kita harus mengetahui situasi yang seperti apa yang cocok untuk kita belajar. Sebab ketika kita sudah merasa nyaman dan senang dengan situasi tersebut maka kita tidak akan merasa terpaksa untuk belajar. Setiap orang mempunyai gaya belajar yang berbeda2. antara lain, yaitu :

1.Belajar dengan musik

Kita dapat belajar dengan mendengarkan musik, memainkan sebuah alat musik atau bahkan kita dapat membuat sebuah lagu dari materi yang kita pelajari. banyak orang yang suka mengingat beragam informasi dengan cara menginat notasi atau melodi musik. Hal ini disebut sebagai ritme hidup. Mereka berusaha mendapatkan informasi terbaru mengenai beragam hal dengan cara mengingat musik atau notasinya yang kemudian bisa membuatnya mencari informasi yang berkaitan dengan itu.

2.Belajar di suasana sepi atau tenang

Belajar di tempat yang tenang dapat membuat anda dengan mudah berkonsentrasi. Jika Anda termasuk yang seperti ini, maka memiliki kamar pribadi akan sangat membantu Anda belajar secara mandiri..

3.Belajar dengan pertanyaan

Bagi sebagian orang, belajar akan semakin efektif dan bermanfaat bila itu dilakukan dengan cara membuat pertanyaan. Misalnya, kita memancing keinginan tahuan dengan berbagai pertanyaan. Setiap kali muncul jawaban, kejar dengan pertanyaan, hingga didapatkan hasil yang paling akhir atau kesimpulan.

4.Belajar dengan gerakan

Gerakan manusia, menyentuh sambil berbicara dan menggunakan tubuh untuk mengekspresikan gagasan adalah salah satu cara belajar yang menyenangkan. Mereka yang biasanya mudah memahami atau menyerap informasi dengan cara ini adalah kalangan penari, olahragawan. Jadi jika Anda termasuk kelompok yang aktif, tak salah mencoba belajar sambil tetap melakukan beragam aktivitas menyenangkan seperti menari atau berolahraga.

5.Belajar dengan kata

Gaya ini bisa kita mulai dengan mengajak seorang teman yang senang bermain dengan bahasa, seperti bercerita dan membaca serta menulis. Gaya belajar ini sangat menyenangkan karena bisa membantu kita mengingat nama, tempat, tanggal, dan hal-hal lainya dengan cara mendengar kemudian.

6.Belajar dengan bersosialisasi.

Bergabung dan membaur dengan orang lain adalah cara terbaik mendapat informasi dan belajar secara cepat. Dengan berkumpul, kita bisa menyerap berbagai informasi terbaru secara cepat dan mudah memahaminya. Dan biasanya, informasi yang didapat dengan cara ini, akan lebih lama terekam dalam ingatan.

7.Belajar dengan gambar

Bila anda tipe orang yang suka membuat gambar, merancang, melihat gambar, slide, video atau film. Tak salah bila anda mencoba gaya belajar seperti ini. Orang yang memiliki kegemaran ini, biasa memiliki kepekaan tertentu dalam menangkap gambar atau warna, peka dalam membuat perubahan, merangkai dan membaca kartu.

Telah dijelaskan diatas macam2 gaya belajar efektif. Sekarang terserah kepada anda, mau belajar dengan gaya yang bagaimana……????????

Sumber : Depdiknas.go.id & http://www.tempo.co.id/edunet/

13 thoughts on “GAYA BELAJAR EFEKTIF

    • yuli : kenapa gw bilang belajar adalah proses keharusan seumur hidup coz di dalam al-Qur’an kita di perintahkan; Tuntutlah ilmu dari lahir sampai liang lahat. artinya, kita di wajibkan untuk menuntut ilmu dari kecil sampai nanti kita mati. dan menuntut ilmu itu sama saja kita belajar. . .

    • yuli : kalo mslah gaya bljr sprti apa yg co2k untk Qt ujian, itu blik pd diri Qt msing2 y coz stiap orangkan punya cara belajr yg berbeda2. misalkan w cara belajrnya d tmpt sepi sdngkan u gk bisa bljr d tmpt yg sepi, u lbh suka belajr dgn dengerin musik. jd gaya belajar w gak bisa di terapin di u.

    • lolipop : iya, belajar sambil nari termasuk salah satu gaya belajar coz bagi orang yang mempunyai gaya belajar seperti itu, dia akan lebih mudah untuk menghafal ataupun mengingat kembali materi yang di pelajarinya melalui gerakan2 tubuh ( termasuk menari).

  1. devi.. saya termasuk orang yang lebih mudah belajar dengan belajar atau gambar, tapi apakah saya harus selalu memakai cara itu untuk belajar. Apakan tidak ada cara lain yang bisa saya pakai agar lebih semangat lagi saat belajar ?? Bagaimana kalau belajar dari catatan yang sudah ditulis dengan tinta warna warni, apakah itu lebih efektif ??

  2. devi.. saya termasuk orang yang lebih mudah belajar dengan kata-kata atau gambar, tapi apakah saya harus selalu memakai cara itu untuk belajar. Apakan tidak ada cara lain yang bisa saya pakai agar lebih semangat lagi saat belajar ?? Bagaimana kalau belajar dari catatan yang sudah ditulis dengan tinta warna warni, apakah itu lebih efektif ??

    • ratih : kalau anda sudah merasa nyaman dengan gaya belajar anda yang sekarang (belajar dengan kata2 / gambar) yah sudah lanjutkan saja belajar dengan gaya seperti itu tetapi bila anda ingin menggantinya, maka carilah gaya belajr lain yang dapat membuat anda merasa nyaman seperti gaya belajar anda yang sebelumnya…

      belajar dengan catatan yang berwarna warni cukup efektif coz ketika kita belajar dengan warna, saat itu kita belajar dengan menggunakan otak kanan bukan otak kiri. memori dalam otak kanan akan jauh lebih lama tersimpan daripada memori yang ada di otak kiri. dengan begitu kita akan jauh lebih lama mengingat materi yang kita pelajari..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s