FAKTOR-FAKTOR YANG MENIMBULKAN KESULITAN BELAJAR

FAKTOR-FAKTOR YANG MENIMBULKAN KESULITAN BELAJAR

Kephart (1967) mengelompokkan penyebab kesulitan belajar kedalam tiga kategori utama yaitu: kerusakan otak, gangguan emosional, dan pengalaman.

1. Kerusakan otak
Berarti terjadinya kerusakan syaraf seperti dalam kasus-kasus encephalitis, meningitis dan toksik. Kondisi seperti ini dapat menimbulkan gangguan fungsi otak yang diperlukan untuk proses belajar pada anak dan remaja. Demikian pula anak-anak yang mengalami disfungsi minimal otak (minimal brain dysfunction) pada saat lahir akan menjadi masalah besar pada saat anak mengalami proses belajar.

2. Gangguan emosional
Faktor gangguan emosional yang menimulkan kesulitan belajar terjadi karena adanya trauma emosional yang berkepanjangan yang mengganggu hubungan fungsional system urat syaraf. Dalam kondisi seperti ini perilaku-perilaku yang terjadi seringkali seperti pelaku pada kasus kerusakan otak.

3. Pengalaman
Faktor pengalaman yang dapat menimbulkan kesulitan belajar adalah kesenjangan perkembangan atau kemiskinan pengalaman lingkungan. Kondisi ini biasanya dialami oleh anak-anak yang terbatas memperoleh rangsangan lingkungan yang layak, atau tidak pernah memperoleh kesempatan menangani paralatan dan mainan tertentu, dimana kesempatan semacam itu dapat mempermudah anak dalam mengembangkan keterampilan manipulatif dalam menggunakan alat tulis seperti pensil dan pulpen. Kemiskinan pengalaman ini seperti kurangnya rangsangan auditif menyebabkan anak kurang memiliki perbendaharaan bahasa (berkata-kata) yang diperlukan untuk berfikir logis dan bernalar. Biasanya kemiskinan pengalaman ini berkaitan erat dengan kondisi sosial ekonomi orang tua sehingga sering kali berkaitan erat dengan masalah kekurang gizi yang pada akhirnya dapat mengganggu optimalisasi perkembangan dan keberfungsian otak.

Sumber :
Dra. Hj. T. Sutjihati Somantri, M.Si., psi. (2007). “Psikologi Anak Luar Biasa”. Bandung: PT. Refika Aditama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s