ENURESIS

ENURESIS

Kata Enuresis berasal dari bahasa Yunani,  “enourein” yang artinya buang air kecil. Dalam dunia medis, istilah ini digunakan untuk istilah mengompol pada anak, saat malam ataupun siang hari. Tetapi istilah enuresis lebih sering dipakai sebagai istilah mengompol saat anak tidur pada malam hari atau lazim disebut primary nocturnal enuresis (PNE) atau enuresis nokturnal.

Enuresis nokturnal merupakan kondisi dimana anak yang sudah mampu menahan kencing saat terjaga tetapi mengompol saat tertidur. Ngompol masih dianggap normal apabila terjadi pada balita dan dianggap abnormal apabila terjadi pada anak diatas usia 5 tahun.

Berdasarkan derajat penyakit, enuresis nokturnal terbagi menjadi derajat ringan (ngompol pada 1-6 malam di bulan terakhir), derajat sedang (ngompol pada 7 malam atau lebih di bulan terakhir dan tidak setiap malam), dan derajat berat (mengompol setiap malam). Sedangkan berdasarkan jumlah gejala yang dikeluhkan, enuresis dapat dibagi menjadi tipe monosimptomatik dan non-monosimptomatik. Anak dengan enuresis monosimptomatik hanya mengompol di malam hari dan tidak ada gejala inkontinensia pada siang hari, sedangkan anak dengan enuresis non-monosimptomatik mengalami inkontinensia pada siang hari selain mengompol di malam hari.

Berdasarkan penyebabnya, enuresis dikelompokkan menjadi enuresis primer dan enuresis sekunder. Enuresis primer : dimana anak yang sejak lahir hingga usia 5 atau 6 tahun masih tetap ngompol. Tetapi bila anak pernah ‘berhenti’ sedikitnya 6 bulan dan mendadak ngompol lagi maka dikelompokkan dalam enuresis sekunder.

Sumber :

http://imsj.globalkrching.com/enuresis/

http://familydoctor.org

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s