GAGAP PADA ANAK

GAGAP PADA ANAK

Gagap merupakan gangguan bicara, dengan indikasi tersendatnya pengucapan kata-kata atau rangkaian kalimat. Kelainan ini dapat berupa kehilangan ide untuk mengeluarkan kata-kata, pengulangan beberapa suku kata, kesulitan mengeluarkan bunyi pada huruf-huruf tertentu, sampai dengan ketidakmampuan mengeluarkan kata-kata sama sekali. Umumnya, gagap bukan disebabkan oleh proses fisik produksi suara atau proses penerjemahan pikiran menjadi kata.

Gagap biasanya muncul di rentang usia 2-5 tahun. Dalam kebanyakan kasus, gagap akan hilang dengan sendirinya ketika anak mencapai usia 5 tahun, karena ia sudah lebih mahir berbicara. Gagap lebih banyak menyerang anak laki-laki daripada anak perempuan.

Gagap bersifat variabel, yang berarti bahwa pada situasi tertentu tingkat kegagapan seorang anak dapat meningkat atau menurun dan gagap juga tidak berhubungan dengan tingkat kecerdasan anak. Di luar kegagapannya, anak yang gagap umumnya normal.

Dampak psikologis dari gagap adalah adanya frustasi, anxiety,penalty dan rasa minder pada diri anak. Sudah tentu berakibat pada segi sosialnya seperti sukar bergaul, menghindari bicara dengan orang lain terutama kepada yang lebih tua, atau orang yang belum dikenal, suka menyendiri.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Gagap
http://hipnoterapi.asia/gagap.htm


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s