JENIS-JENIS GAGAP

JENIS-JENIS GAGAP


Jenis-jenis gagap menurut fasenya :

1. Gagap Perkembangan

Biasanya terjadi pada usia 2-4 tahun. Kondisi ini tergolong wajar, karena merupakan rangkaian proses perkembangan bicara sang anak. Hal ini bisa saja terjadi karena ketidaksinkronan emosi anak dengan pengaturan alat bicara saat berbicara. Gagap perkembangan biasanya akan sembuh dengan sendirinya seiring bertambahnya usia anak.

2. Gagap Sementara

Terjadi pada anak usia 5-8 tahun. Gagap jenis ini terjadi karena faktor psikologis dari lingkungan, misal kecemasan, kepanikan, ketakutan. Gagap ini akan lenyap sendiri meskipun tanpa terapi tertentu. Orang tua hanya perlu bersabar dan jangan memarahi anak ketika menunjukkan gejala gagap.

3. Gagap Menetap

Gagap ini biasanya terjadi dari usia 8 tahun sampai dewasa, bahkan sampai usia lanjut. Bila dari kecil gagap tidak disembuhkan secara tuntas, biasanya gagap akan berlanjut sampai dewasa atau tua. Gagap ini disebabkan oleh faktor psikologis, misalnya stress, kecemasan berlebihan, takut salah bicara, merasa rendah diri, merasa suaranya kurang enak didengar, dan merasa tidak percaya diri.

sumber :

http://www.hypnosis45.com/sembuhkan_gagap.htm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s