GANGGUAN FONOLOGIS PADA ANAK

GANGGUAN FONOLOGIS PADA ANAK


Gangguan fonologis adalah gangguan dimana anak bicaranya tidak jelas atau sulit ditangkap. Sehingga ucapan anak saat berbicara menjadi kurang atau tidak sempurna. Pada anak usia 2-3 tahun, gangguan ini masih di anggap wajar karena tergolong gangguan perkembangan. Dengan bertambahnya usia anak, diharapkan gangguan ini bisa diatasi dengan pemeriksaan oleh dokter ahli THT, ahli saraf anak, terapis bicara.

Gangguan fonologis lebih sering terjadi pada anak laki-laki daripada anak perempuan. Sekitar 3% dari anak-anak pra-sekolah dan 2% dari anak usia 6-7 tahun memiliki kelainan ini, sedangkan yang berusia 17 tahun, hanya 0,5%.

Gangguan ini dapat digolongkan menjadi dua, yaitu ringan dan berat. Yang tergolong ringan, saat usia 3 tahun si anak belum bisa menyebut bunyi L, R, atau S. Sehingga kata mobil disebut mobbing, lari disebut lali, mata disebut aa.

Menurut Dra. Mayke S. Tedjasaputra, “biasanya gangguan ini akan hilang dengan bertambah usia anak atau bila kita melatihnya dengan membiasakan menggunakan bahasa yang baik dan benar. Hanya saja, untuk anak yang tergolong “pemberontak” atau negativistiknya kuat, umumnya enggan dikoreksi. Sebaiknya kita tidak memaksa meski tetap memberitahu yang benar dengan mengulang kata yang dia ucapkan”. Misalnya, “Ma, yuk, kita lali-lali!”, segera timpali, “Oh, maksud Adik, lari-lari”. Sedangkan yang tergolong berat, anak menghilangkan huruf tertentu atau mengganti huruf dan suku kata. Misal, toko jadi toto atau stasiun jadi tatun. “Pengucapan” semacam ini akan sulit ditangkap oleh orang lain.

Sumber :

http://www.tabloid-nakita.com/ahli.php3?edisi=06301&rubrik=ahli

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s