Qosidahan Ibu-ibu di Majlis Ta’lim Al-Barokah Kebantenan – Jati Asih

Qosidahan Ibu-ibu di Majlis Ta’lim Al-Barokah Kebantenan – Jati Asih

 

Di jati Asih, tepatnya di Mesjid Al-Barokah terdapat satu kelompok Qosidahan ibu-ibu. Berdasarkan hasil wawancara, Qosidahan ini diketuai oleh ibu Hj. Iim.

Sejarah terbentuknya Qosidahan ini berawal dari keinginan ibu Hj. Iim untuk mempelajari tentang Qosidahan. “Lihat-lihat di majlis ta’lim yang lain pada bisa Qosidahan, masa di majlis ta’lim al-barokah tidak bisa. Jadi karena itu, saya ingin buat Qosidahan dan alhamdulillah niat saya disambut baik oleh ibu-ibu pengajian”. Kata ibu Hj. Iim.

Qosidahan ini sudah berdiri sejak lama dan sudah beberapa kali ganti anggota. Ibu Hj. Iim sendiri adalah pengurus dari generasi baru karena generasi lama sudah bubar. “dulu Qosidahan ini pernah berhenti, yah kira-kira setengah tahun. Karena ibu-ibunya pada sibuk ngurusin rumah tangga tapi setelah itu dibentuk lagi yang baru”. Kata ibu Hj. Iim.

Qosidahan ini beranggotakan 11 orang, yaitu : ibu Hj. Iim, ibu Emet, ibu Pipi, ibu Elin, ibu Lilis, ibu Tarni, ibu Dito, ibu Pito, ibu Ratna, ibu Deden, dan ibu Roheni. Mereka memainkan beberapa alat musik seperti, rebbana, hajir, marawis, hadro, beduk, dumbuk batu, dumbuk pinggang, gendang dan menyayikan lagu-lagu islam.

Mereka sering tampil di berbagai acara, seperti acara pernikahan, selametan, potong rambut [bayi], akekahan, khitanan [sunatan], dan acara BKMB [Badan Kontak Majlis Ta’lim] yang di hadiri oleh ibu wakil wali kota Bekasi. Mereka latihan pada hari senin, setelah ashar. Intensitas latihan akan ditingkatkan bila mereka diundang untuk mengisi suatu acara.

 

Alat-alat Qosidahan :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s