TUGAS MATAKULIYA PSIKOLOGI DAN TEKNOLOGI INTERNET..

TUGAS MATAKULIYA PSIKOLOGI DAN TEKNOLOGI INTERNET..

Pemanfaatan Teknologi Internet yang Baik atau Realistis,  dan Dampak Psikologis yang Baik Untuk Anak dan Remaja.

Secara harfiah,  Internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Internet telah banyak membantu manusia dalam segala aspek kehidupan sehingga Internet mempunyai andil penuh dalam kehidupan sosial. Dengan adanya Internet kita dapat melakukan apa saja baik yang bersifat positif maupun yang negatif.

Fungsi internet yang paling banyak digunakan, yaitu sebagai media komunikasi. Dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya di seluruh dunia. Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, htp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) membuat para pengguna Internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan mudah. Sebagai media untuk mencari informasi atau data, perkembangan Internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di Internet membuat manusia tahu apa saja yang terjadi.

Bagi anak-anak, penggunaan Internet secara positif akan membuat anak menjadi lebih terbuka untuk mengembangkan dan mengeksplorasi dirinya, anak akan mendapatkan pengalaman yang positif jika berhasil meningkatkan penemuan-penemuan baru mereka di Internet. Namun bila penggunaan Internet dilakukan secara berlebihan akan membuat berkurang atau hilangnya konsentrasi anak dalam belajar. Sedangkan bagi remaja yang menggunakan Internet secara positif,  mereka akan memperoleh informasi, wawasan serta teman yang lebih banyak dan lebih luas dibanding dengan yang lainnya. Tetapi apabila penggunaan Internet oleh remaja di lakukan secara negatif, maka akan membuat turunnya konsentrasi belajar, merusak perkembangan kepribadian remaja, dan menyebabkan munculnya tindakan kriminal.

Tidak seluruh isi di Internet dapat bermanfaat, karena sifatnya yang cenderung bebas tanpa kontrol pihak manapun, maka ada saja materi atau isi yang bersifat negatif di Internet.

Adapun dampak negatif dari Internet adalah :

1.  Cybercrime Adalah kejahatan yang di lakukan seseorang dengan sarana Internet di dunia maya. Bentuk-bentuk cybercrime sebagai berikut :

  • Hacking adalah Usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengeksplorasi atupun mencari kelemahan system jaringan.
  • Cracking adalah Usaha memasuki secara illegal sebuah jaringan dengan maksud mencuri, mengubah atau menghancurkan file yang di simpan pada jaringan tersebut.

2.   Parnografi
Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki Internet, pornografi pun merajalela. Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di akses. Gambar-gambar dan video pornografi yang ada di internet bisa mengakibatkan seseorang bertindak kriminal.

3.  Violence and Gore
Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan di Internet. Karena segi bisnis dan isi pada dunia Internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.

4.   Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.

5.   Carding
Karena sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah cara yang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat Internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.

6.   Perjudian
Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.

7.   Mengurangi sifat sosial manusia, karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face). Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.

Jangan khawatir, dengan adanya  pemahaman yang cukup tentang Internet serta didukung kedewasaan seseorang dalam memilih maupun memilah hal yang baik dan buruk, maka seseorang akan memaksimalkan dampak positif Internet serta sekaligus meminimalkan dampak negatifnya. Pastinya, semua pihak memiliki andil dalam membantu, menyediakan atau menyelenggarakan Internet yang aman dan nyaman bagi anak, remaja atau siswa didik.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah pemakaian Internet secara negatif pada anak-anak dan remaja:

 1.     Pengawasan dari keluarga

Pengawasan dari keluarga dapat dilakukan dengan cara :

  • Jika di rumah kita ada anak di bawah umur, gunakan Internet bersama dengan anggota keluarga lain yang lebih dewasa. Tempatkan komputer di ruang keluarga atau di tempat yang mudah diawasi oleh anggota keluarga lain. Jika diperlukan, berilah penjadwalan / pembatasan waktu untuk anak dalam menggunakan Internet.
  • Pelajarilah sarana komunikasi dan kandungan informasi yang ditawarkan oleh Internet, secara bersama dengan anggota keluarga yang lain. Ajukanlah pertanyaan kepada anak atau remaja. Dengan banyak bertanya, orang tua bisa menggali sejauh mana anak atau remaja memahami Internet, juga tentang cara menggali informasi yang bermanfaat, sekaligus menjauhi informasi yang negatif.
  • Mintalah kepada anak di bawah umur untuk segera meninggalkan situs yang tidak pantas (misalnya pornografi, perjudian, dan kekerasan) atau yang membuat mereka tidak nyaman, baik disengaja ataupun tidak sengaja terbuka. Bujuklah agar mereka terbiasa bercerita kepada kita tentang segala sesuatu yang mereka temui di Internet.
  • Pasanglah software filter pada komputer yang ada di rumah, hal ini bertujuan agar anak atau remaja tidak dapat mengakses atau membuka situs-situs yang bersifat negatif.
  • Berikan pemahaman kepada anak atau remaja mengenai dampak-dampak dari situs-situs yang bersifat negatif.

2.     Pengawasan dari Guru, Masyarakat, dan Pihak-pihak yang terkait

Pengawasan dari guru, masyarakat, dan pihak-pihak yang terkait dapat dilakukan dengan cara :

  • Guru harus senantiasa membimbing siswa didiknya agar dapat menggunakan Internet dengan baik dan benar saat di sekolah.
  • Bagi orang dewasa sekiranya tidak mengakses atau membuka situs-situs yang berbau pornografi ataupun kekerasan di hadapan anak-anak dan remaja.
  • Bagi pengelolah warung internet (warnet) sekiranya tidak memfasilitasi atau memblokir komputernya dari situs-situs yang berbau pornografi ataupun kekerasan.
  • Bagi anak, remaja maupun siswa didik diharapkan dapat belajar bertanggungjawab atas perilaku mereka sendiri, termasuk ketika menggunakan Internet, tentunya dengan bimbingan dan arahan dari orang tua, guru dan komunitas.

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Internet
http://www.ictwatch.com/internetsehat/download/internetsehat-booklet.pdf
http://duniabaca.com/pengaruh-internet-manfaat-internet-serta-dampak-positif-dan-negatif-internet-bagi-penggunanya.html
http://lifestyle.okezone.com/read/2010/04/28/196/327102/manfaat-positif-internet-bagi-anak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s