TUGAS SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI

Nama : DEVI ANGGRAENI

Kelas : 4PA06

NMP  : 10508054

http://id.jobsdb.com/id   VS  http://www.lowongankerja.com/ serta membedakan mana data dan mana informasi.

Data dan informasi merupakan suatu istilah yang tidak dapat dipisahkan, Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berupa suatu keadaan atau peristiwa yang nyata, gambar, suara, huruf, angka, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep.. Sedangkan informasi merupakan bagian dari data yang sudah diolah dan siap dibagikan. Informasi merupakan hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi, ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu, dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya. Dalam hal ini, data bisa dianggap sebagai obyek dan informasi sebagai subyek yang bermanfaat bagi penerimanya. Informasi juga bisa disebut sebagai hasil dari pengolahan ataupun pemrosesan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian.

Untuk memperoleh pekerjaan yang sesuai, setiap orang terlebih dahulu harus mampu membedakan mana yang merupakan sebuah data dan mana yang merupakan sebuah informasi. Hal ini diperlukan agar para pencari kerja dapat memperoleh informasi-informasi yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan terlebih dahulu langkah-langka bagaimana kita bisa mendapatkan informasi-informasi mengenai lowongan pekerjaan dari dua situs yang berbeda, yaitu  http://id.jobsdb.com/id dan  http://www.lowongankerja.com/

http://id.jobsdb.com/id

Setelah anda membuka situs  http://id.jobsdb.com/id  anda akan langsung masuk ke beranda  jobsdb.com dan untuk mendapatkan informasi yang lebih banyak mengenai lowongan pekerjaan anda harus registrasi terlebih dahulu. Kemudian isilah kolom identitas yang tersedia dan ikutilah petunjuk yang ada.

Selanjutnya setelah akun anda berhasil dibuat, daftarkanlah CV anda.  Bila anda belum mempunyai  CV, anda bisa langsung  membuat CV di situs ini secara online, tetapi bila anda sudah memiliki CV yang formatnya sesuai dengan apa yang diminta oleh jobsdb  maka anda sudah bisa langsung mengunggah CV anda.

Selanjutnya isilah unggah lampiran sesuai dengan keinginan anda.

Setelah anda selesai mendaftar, anda bisa langsung sing in dan masuk ke menu yang dibutuhkan. My JobsDB adalah salah satu menu dari situs http://id.jobsdb.com/id yang berisi berbagai macam data dan informasi, yaitu diantaranya CV, surat lamaran, Job Alerts dan pencarian yang disimpan, pekerjaan yang disimpan, dan permintaan CV. Menu ini adalah salah satu menu yang penting karena merupakan pusat pengelolaan data pribadi pelamar kerja terhadap perusahaan.

Dalam situs ini yang termasuk data adalah “pembuatan CV” karena CV merupakan bahan mentah yang harus anda penuhi sebagai salah satu syarat dalam melamar pekerjaan. Sedangkan yang merupakan informasi adalah “daftar pekerjaan”, di mana di dalamnya terdapat posisi jabatan yang dibutuhkan dan lokasi perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.

http://www.lowongankerja.com/

Pada situ http://www.lowongankerja.com/ yang merupakan informasi adalah job vacancy. Job vacancy adalah menu yang menyediakan informasi-informasi lebih lanjut mengenai perusahaan-perusahaan yang membutuhkan SDM.

Jika anda ingin menjadi pelamar pada situs ini, maka pilihlah menu Posting Your , lalu isilah kolom validasi, input data pribadi, input data keahlian, latar belakang pendidikan, dan pengalaman kerja.  

Dari kedua situs di atas, menurut saya yang paling memudahkan para pencari kerja untuk mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan adalah http://id.jobsdb.com/id karena informasi-informasi  yang tersedia dalam situs http://id.jobsdb.com/id selalu new (baru) dan terdapat vasilitas untuk membuat CV secara online.

sumber :

http://id.jobsdb.com/id

http://www.lowongankerja.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s